Yamato Grace Finance Pengertian, Jenis serta Tips Menabung

Pengertian, Jenis serta Tips Menabung

| | 0 Comments | 8:46 pm

Kata menabung biasanya identik dengan kata menabung. Terkadang masih banyak orang yang belum memahami dengan jelas apa itu menabung. Oleh sebab itu, kami akan mengulas dengan detail mengenai pengertian menabung, jenis-jenis dan juga informasi detail mengenai tips menabung. Pada artikel ini, kami akan mencantumkannya untuk Anda.

Pengertian Tabungan

Tabungan adalah simpanan seperti uang yang berasal dari pendapatan yang tidak akan dibelanjakan. Tabungan uang ini bisa diambil kapan saja tanpa terhambat waktu.

Anda bahkan dapat menarik uang tunai secara mandiri melalui fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disediakan oleh berbagai bank. Nasabah bisa menarik tabungannya dengan mudah karena bank memberikan kemudahan, misalnya terdapat mesin ATM yang tersebar dimana-mana, ada ATM bersama yang memudahkan nasabah untuk menarik tabungannya di mesin ATM bank lain.

Sebelum ada perbankan, orang menyimpan uangnya di rumah, seperti di lemari atau di bawah kasur. Dan dengan penyimpanan seperti itu sangat tidak mudah sebab mempunyai resiko kehilangan yang tinggi.

Dengan adanya sistem keuangan baru yang menyediakan produk simpanan masyarakat, banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk menabung di bank karena banyak keuntungannya, antara lain uang tersimpan aman dan uang nasabah akan bertambah dengan bunga bank.

Tabungan yang ditawarkan oleh bank ialah untuk memenuhi pelayanan masyarakat dalam menyimpan uang dalam bentuk simpanan juga dalam bentuk penyediaan dana untuk masyarakat. Jadi siapapun bisa melakukan kegiatan keuangan dengan terstruktur jika menyimpan uangnya dengan sebaik mungkin.

Jenis Tabungan

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional merupakan jenis tabungan yang uangnya bisa diambil kapan saja dan tidak ada batas waktu menyetor. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mempunyai tabungan konvensional. Menjadi nasabah tabungan konvensional bisa diberikan nomor rekening dan kartu ATM yang digunakan nasabah untuk melakukan penarikan tanpa harus ke bank.

2. Tabungan Investasi

Tabungan investasi ini terdiri dari beberapa tabungan, sebab ada jangka waktu tertentu untuk penarikannya. Jenis tabungan investasi antara lain:

  • Rencana tabungan

Rencana tabungan mirip dengan deposito. Tujuan dari saving plan adalah sebagai simpanan untuk plan tertentu yang telah direncanakan oleh nasabah. Saldo dari rencana tabungan bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.

  • Deposito

Deposito mempunyai bunga yang cukup besar dibandingkan dengan jenis tabungan konvensional. Nasabah akan diberi pilihan untuk memilih jangka waktu penarikan, seperti 1 bulan, 6 bulan 3 bulan, dan 12 bulan.

3. Tabungan Haji

Sesuai dengan namanya, tabungan haji ini akan digunakan untuk perencanaan ibadah haji. Tabungan haji ini akan direkomendasikan kepada nasabah yang sudah mempunyai rencana menunaikan ibadah haji agar rencana ibadah haji lebih terarah dan pasti.

Jika saldo sudah mencapai batas minimum untuk mendaftar haji, nasabah dapat langsung mendaftar ke Kemenag untuk mendapatkan nomor antrian.

4. Tabungan giro

Tabungan giro digunakan sebagai alat transaksi bisnis. Perusahaan yang biasanya pelanggan giro. Pelanggan menggunakan cek atau giro untuk melakukan transaksi. Jenis tabungan giro ini tidak akan diberikan buku tabungan. Hanya catatan transaksi selama satu bulan yang disebut rekening giro.

Tips Menabung yang Benar

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Tips hemat pertama yang bisa diterapkan adalah menetapkan tujuan yang jelas. Jadi, Anda akan lebih termotivasi untuk membiasakan diri menabung. Setelah itu, tuliskan keinginan-keinginan yang Anda miliki, silakan uraikan berdasarkan jangka waktu pencapaiannya.

2. Tentukan Angka Target dan Waktu Simpan

Cara menabung yang paling ampuh ialah dengan mengetahui target yang dibutuhkan supaya tabungan bisa tercapai. Kami dapat memperkirakan harga barang yang kami minati, atau perkiraan kasar dari total biaya.

3. Berinvestasi dengan rajin

Menabung bukan sekedar mengumpulkan uang di lemari atau celengan. Dengan banyaknya pilihan produk keuangan modern saat ini, kita dapat menabung di berbagai tempat dan cara sesuai dengan kebutuhan kita. Beberapa pilihan produk investasi dapat membantu memastikan tabungan terus bertambah dan mengalahkan inflasi.

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah, Peer to Peer Lending di Indonesia dari Akseleran merupakan tempat yang tepat.

Akseleran menawarkan peluang pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan perlindungan asuransi sebesar 99% dari pokok pinjaman. Semua itu bisa Anda mulai hanya Rp 100 ribu saja.

 

Related Post