Mengetahui Apa itu Kegiatan Ekonomi

kegiatan ekonomi

Dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari, kegiatan ekonomi di sini merupakan sebuah aktivitas yang tentunya tidak akan pernah lepas. Sementara untuk dapat memenuhi segala keperluan dan kebutuhan hidup, maka tiap orang nantinya mau tidak mau akan terlibat dalam aktivitas atau kegiatan ekonomi. Dan untuk lebih mengetahui apa itu kegiatan ekonomi, maka berikut akan diulas secara ringkas.

Apa Itu yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi ?

 

Secara sadar atau pun tidak, setiap aktivitas masyarakat akan selalu bersinggungan dengan kegiatan ekonomi. Hal itu disebabkan oleh karena kebutuhan tiap orang dalam menjalani hidup berbeda-beda, maka dari itu, aktivitas ekonomi yang dilakukan pun juga akan berbeda.

Dalam hal tersebut tiap aktivitas ekonomi yang dilakukan mempunyai tujuan yang berbeda dan sesuai dengan keperluan hidup masing-masing. Kegiatan ekonomi adalah segala macam aktivitas yang dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan manfaat ekonomi atau financial melalui proses produksi, penjualan ataupun aktivitas pembelian berbagai macam jasa atau barang.

Tujuan dari kegiatan ekonomi itu sendiri pastinya tidak sama antara orang yang satu dengan orang lain. Namun yang pasti tiap individu ketika menjalankan kegiatan ekonomi tersebut pasti terdapat tujuan yang melatarbelakanginya. Secara umum tujuan kegiatan ekonomi ini yaitu untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan para Fisik maupun rohani. Berikut ini akan diberikan beberapa jenis kegiatan ekonomi yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yakni :

1. Primer

Jenis kegiatan ekonomi pertama yang  perlu untuk anda ketahui yaitu primer. Hampir tiap sektor utama perekonomian pasti akan melibatkan proses produksi maupun ekstraksi dari bahan-bahan setengah jadi atau pun bahan-bahan mentah. Kegiatan ekonomi primer tersebut merupakan salah satu aktivitas ekonomi yang lebih berfokus pada pemrosesan untuk bahan-bahan mentah.

Adapun aktivitas ekonomi primer yang dimaksud antara lain yaitu meliputi perikanan, kehutanan, pertambangan dan juga pertanian. Pengolahan berbagai macam jenis bahan mentah dengan metode pengemasan pun juga masuk ke dalam kategori jenis kegiatan ekonomi yang satu ini.

2. Sekunder

Jenis kegiatan ekonomi berikut yaitu sekunder. Sementara di dalam kegiatan ekonomi yang satu ini lebih berkaitan pada produksi barang jadi. Proses produksi untuk barang tersebut berasal dari berbagai macam bahan-bahan mentah yang dipasok dari sektor primer.

Perlu anda ketahui bahwa kegiatan ekonomi ini mencakup segala macam aktivitas manufaktur, sistem pemrosesan dan juga konstruksi perekonomian. Dan secara umum aktivitas sekunder merupakan kegiatan produksi.

Contoh untuk kegiatan produksi ini antara lain yaitu konstruksi pengerjaan logam, produksi mobil, tekstil, pekerjaan di bidang teknik kimia dan lain sebagainya. Di dalam bidang tersebut nantinya akan dipekerjakan berbagai macam pekerja. Baik itu yang terorganisir ataupun pekerja yang tidak terorganisir.

3. Tersiar

Mayoritas kegiatan ekonomi tersier lebih mengarah pada industri jasa. Pada dasarnya untuk kegiatan ekonomi jenis tersier ini merupakan kegiatan yang lebih berfokus dalam penyediaan jasa komersial bagi konsumen untuk menyalurkan barang hasil ekonomi sekunder dan pihak-pihak lain yang berkaitan. Contoh untuk kegiatan ekonomi yang satu ini seperti penjual eceran, usaha restoran, grosir, pengangkutan jasa ataupun barang dan lain sebagainya.

4. Quarter

Jenis kegiatan ekonomi yang terakhir yang juga perlu anda ketahui yaitu quarter. Yang mana untuk aktivitas ekonomi tersebut lebih berlandaskan pada teknologi dan juga inovasi. Yang mana untuk kegiatan ekonomi jenis quarter dapat dilakukan dengan meliputi penelitian, teknologi informasi, budaya, perpustakaan dan lain sebagainya.

Sekian sedikit ulasan yang dapat kami paparkan dalam artikel ini, semoga berguna dan bermanfaat.