Lantik Pejabat Eselon Kemendikbud, Nadiem: Cara Lama Tidak Lagi Dipakai


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melantik 29 Pejabat Eselon 1 dan 2, Rektor, serta Pejabat Fungsional Ahli Utama, secara virtual, Selasa (21/7/2020). Dalam sambutannya, Nadiem meminta para pejabat yang baru dilantik untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. “Cara cara lama tidak bisa lagi dipakai untuk menghadapi tantangan baru. Kita sebagai orang yang diberikan amanah memajukan pendidikan di Indonesia harus bisa berusaha sebaik baiknya, semampu mampunya, sekuat kuatnya," ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan tantangan pendidikan sangat berat, ditambah lagi dengan pandemi Covid 19, memberikan tantangan tersendiri bagi proses pembelajaran di Indonesia. "Kita harus bertindak kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pendidikan Indonesia," tutur Nadiem. Pejabat Eselon I yang dilantik hari ini adalah Nizam sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang sebagai Inspektur Jenderal Kemendikbud, dan Jumeri sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud.

Mendikbud juga melantik 19 Pejabat Eselon II di lingkungan Kemendikbud yakni Luizah F. Saidi sebagai Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Bahasa, Yaswardi sebagai Kepala P4TK Bidang Jasmani dan Bimbingan Konseling, Subandi sebagai Kepala P4TK Bidang Taman Kanak kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Enang Ahmadi sebagai Kepala P4TK Bidang IPA. Selanjutnya Wartanto sebagai Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sabli sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bisnis dan Pariwisata, Raden Ruli Basuni sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Pertanian, Sarjilah sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Seni dan Budaya, Supriyono sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri, Rasoki Lubis sebagai Kepala BBPPMPV Bidang Bangunan dan Listrik. Bambang Winarji sebagai kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP PAUDIKMAS) Provinsi Jawa Barat, Moh. Sofian Asmirza sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Barat, dan Abdul Halim Muharram sebagai Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Siswanto sebagai Kepala Museum Nasional. Sedangkan untuk Pendidikan Tinggi, Stefanus sebagai Rektor Universitas Timor periode 2020–2024Mahriyuni dilantik sebagai Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Provinsi Sumatera Utara, R. Purwanto Subroto sebagai sekretaris LLDikti Wilayah III Provinsi DKI Jakarta, dan Lukman sebagai Sekretaris LLDikti Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah. Uuf Bradjawidagdo sebagai Direktur Politeknik Negeri Batam periode 2020–2024, I Made Andik Setiawan sebagai Direktur Pliteknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung periode 2020–2024, Johny Custer sebagai Direktur Politeknik Negeri Bengkalis periode 2020–2024, dan Ramli sebagai Direktur Polliteknik Negeri Balikpapan periode 2020 2024. Dalam kesempatan ini, Nadiem juga melantik Moch Abduh sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama dan Sri Hartini sebagai Pamong Budaya Ahli Utama Kemendikbud.

Related Post