Yamato Grace Lifestyle Mau Ambil Cicilan Mobil Baru? Atur Anggaran Dengan 4 Tips Ini!

Mau Ambil Cicilan Mobil Baru? Atur Anggaran Dengan 4 Tips Ini!

| | 0 Comments | 8:22 am

Cicilan mobil baru perlu diatur dengan sedemikian rupa anggarannya agar tidak salah dalam melakukan budgeting. Terlepas dari status ekonomi Anda, siapapun yang ingin kredit mobil, perlu membuat dan mengelola anggaran. Anggaran memberi kendali atas setiap uang yang dikeluarkan. Pikirkan anggaran sebagai fondasi keuangan.

Fondasi setiap orang akan berbeda, sama seperti setiap situasi keuangan yang berbeda. Jadi, ketika Anda hendak membeli sebuah mobil, sekalipun metodenya adalah kredit, pastikan untuk atur dengan cerdas anggaran yang dimiliki.  Mau tahu tips cerdas atur finansial saat ingin beli mobil? Simaklah tips ini.

Tips Atur Anggaran Beli Mobil

1. Memilih Sistem Penganggaran

Ada 3 cara dasar untuk membuat, melacak, dan memantau anggaran. Setiap sistem menggunakan teknik yang berbeda, tetapi semuanya berpusat pada setiap detail. Berikut caranya :

  • Buku

Buku adalah metode penganggaran tradisional dan juga merupakan opsi yang paling murah. Dengan metode ini, Anda cukup menuliskan semua sumber pendapatan dan semua pengeluaran Anda. Jika keduanya seimbang, Anda bisa sisihkan sedikit uang untuk menabung.

  • Spreadsheet

Perangkat lunak spreadsheet paling populer untuk penganggaran adalah Microsoft Excel. Banyak situs web menawarkan contoh worksheet penganggaran Excel gratis yang dapat digunakan daripada mencoba membuatnya sendiri. Spreadsheet memungkinkan Anda mengatur banyak informasi dengan mudah dan menghitungnya.

  • Software Daring Gratis

Ada beberapa program software berbasis web gratis yang dapat membantu penganggaran. Anda bisa membuat dan mengelompokkan pengeluaran ke dalam kategori berbeda-beda dan melacak pengeluaran tersebut sehingga Anda dapat melihat dengan tepat ke mana uang Anda pergi setelah transaksi terjadi.

2. Tetapkan Tujuan

Ada dua jenis tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Sasarannya langsung berfokus pada penggunaan uang Anda hari ini, sementara sasaran jangka panjang berkaitan dengan penghematan dan pengeluaran selama beberapa tahun ke depan, termasuk menyiapkan uang DP untuk cicilan mobil  baru.

Keduanya penting, dan saling melengkapi, menyimpan uang hari ini mempengaruhi apa yang Anda belanjakan sekarang, tetapi juga berapa banyak yang akan Anda miliki di kemudian hari.

Anda perlu menentukan tujuan mana yang memenuhi kebutuhan dan mana yang hanya mencakup keinginan. Selanjutnya, Anda dapat memprioritaskan tujuan keuangan sesuai dengan yang sudah ditargetkan.

3. Hitung Pendapatan dan Pengeluaran Anda

Setelah Anda menentukan tujuan keuangan, maka Anda memerlukan rencana untuk bisa mencapainya. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki. Kebanyakan orang membuat anggaran bulanan karena sebagian besar tagihan mengikuti jadwal bulanan.

Mulailah dengan membuat daftar sumber pendapatan bulanan Anda, termasuk gaji Anda (setelah pajak), bonus apa pun yang Anda terima secara rutin, dan tunjangan anak atau pembayaran tunjangan. Jika Anda tidak tahu jumlah pastinya, Anda bisa menggunakan perkiraan. Setelah Anda memiliki semua angkanya, maka segera tambahkan kemudian dikurangi dengan total gaji Anda.

Jika ada yang tersisa, maka sisihkan untuk menabung. Membeli mobil sekalipun metodenya dengan kredit tetap memiliki pengeluaran yang besar, apalagi jika tenor yang diambil panjang. Itulah mengapa Anda perlu mengatur dengan sebijak mungkin anggaran Anda saat ini.

Nah, jika ingin membeli mobil dengan mudah dan disesuaikan pada budget yang dimiliki saat ini, beli saja di SEVA! Platform beli mobil terbaik ini diluncurkan oleh Astra Financial untuk menjawab kebutuhan siapapun yang ingin memiliki kendaraan dengan mudah. Cukup install  aplikasinya dan Anda bisa ajukan cicilan mobil baru, memilih model yang diinginkan dan atur skema pembiayaannya. Mudah bukan?

 

Related Post