Yamato Grace Travel 4 Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia, di Antaranya Zangrandi Ice Cream di Surabaya

4 Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia, di Antaranya Zangrandi Ice Cream di Surabaya


Tahukah kamu ada beragam kedai es krim di Indonesia. Beberapa kedai es krim di Indonesia ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Meski sudah terbilang cukup lama, rasa es krim di kedai ini masih dipertahankan dengan baik.

Berikut ini deretan kedai es krim legendaris di Indonesia yang bisa kamu coba. Kedai es krim yang pertama adalah Zangrandi, kedai ini sudah berdiri sangat lama dan sekarang usianya sudah 88 tahun. Awalnya, di tahun 1930, Roberto Zangrandi dan istrinya membuat resep es krim Italia yang terkenal karena kelezatan nya.

Karena itulah, kedai es krim Zangrandi menjadi salah satu kedai es krim pelopor di Surabaya. Nah, sewaktu keluarga Zangrandi kembali ke Italia, kedai ini pun dibeli oleh orang Indonesia, Adi Tanumulia. Meksipun berganti pemiliki, resep asli dari es krim ini tidak dirubah kok, tetapi ada inovasi inovasi rasa buah khas Indonesia.

Karena dibuat pada masa Belanda menduduki Indonesia, kedai ini punya ciri khas yaitu meja dan kursi yang bergaya Belanda. Siapa yang sudah pernah mencicipi es krim Italia dari kedai Ragusa? Kedai es krim ini sudah berdiri sejak 1932. Kedai Es Krim Ragusa didirikan oleh Ragusa bersaudara, mereka adalah orang asli Italia yang waktu itu tinggal di Indonesia, kemudian kepemilikan nya diserahkan pada kerabat mereka di sini.

Di kedai es krim yang terletak di daerah Gambir ini, suasana ramai dan mengantre sudah menjadi pemandangan biasa, karena banyak sekali yang ingin mencicipi es krim legendaris ini, dari warga dan turis lokal, sampai turis dari luar negeri. Iya, selain dibuat dengan alat yang masih tradisional, es krim di Ragusa dibuat tanpa pengawet. Di Medan, juga ada, nih, kedai es krim keren yang sudah berdiri sejak jaman Indonesia belum merdeka.

Didirikan pada 1934, kedai es krim Tip Top di Medan awalnya bernama 'Jangkie', seperti nama pemiliknya. Setelah Indonesia merdeka, nama Jangkie diganti menjadi Tip Top, sampai sekarang. Bukan cuma terkenal memiliki menu es krim yang enak, Tip Top juga memiliki menu roti yang populer!

Meskipun terkenal dengan rotinya, Toko Oen ternyata memiliki es krim yang legendaris juga, nih. Tak kalah dengan yang lain, Toko Oen sudah berdiri sejak 1936 di Semarang. Menariknyalagi, sebelumnya, restoran keluarga ini sudah berdiri di Jogja sekitar tahun 1910 an.

Kalau kedai yang satu ini, lebih dikenal dengan gaya nya yang khas masa kolonial Belanda. Di sini, kita juga bisa mencicipi berbagai camilan dan kue khas dari Belanda juga

Related Post